ANGGOTA

Sabtu, 20 Maret 2021

Kewirausahaan Digital


 

Kewirausahaan digital adalah upaya pemanfaatan teknologi informasi dan bisnis yang semakin banyak digeluti oleh masyarakat.

Pada saat ini di Era Revolusi Industri 4.0 sangat banyak sekali perubahan-perubahan yang terjadi dalam kehidupan dan di rasakan oleh semua masyarakat. Era serba digital ini mengaharuskan kita sebagai pengkonsumsi dari hadirnya kemajuan-kemajuan yang ada untuk memiliki kemampuan literasi digital. Dengan begitu, kita sebagai konsumen akan dapat memanfaatkan perubahan ini menjadi sesuatu yang berguna untuk diri sendiri maupun orang banyak. Seperti contohnya, saat ini digital entrepreneurship sangat di gandrungi oleh para remaja.

Dalam berwirausaha era digital ini, Ir. IBM Jaya Martha,MM,CMPM , seorang ahli pada bidang IT dan sekarang menjadi Manager IT di PT. Indoguna, memberikan contoh pemanfaatan teknologi digital pada perusahaan nya yaitu PT. Indoguna. Dalam hal ini PT. Indoguna yang berperan sebagai distributor pada bidang makanan, memiliki pola bisnis Food Supply Chain Management. Adapun prinsip kerja nya yaitu food safety, food quality, dan subtainability. Dengan ini di perlukan teknologi yang mumpuni untuk memenuhi prinsip tersebut. Begitupun pada teknologi infomasi sangat di perlukan dalam perindustrian demi memenuhi kebutuhan konsumen.

Ada 5 strategi bisnis yang di gunakan oleh PT. Indoguna bahkan mungkin strategi ini di gunakan oleh perusahaan lain juga, yaitu costumer focus, omnichannel, big data, cybersecurity, dan digital capabillity. 5 strategi ini lah yang menunjang kerhasilan dalam suatu perusahaan, ini pun di dukung dengan segala macam teknologi yang ada sesuai kebutuhan tiap perusahaan nya termasuk di dalam nya teknologi digital. Karena tanpa teknologi yang ada dan khusnya teknologi digital akan menjadi sangat sulit bagi perusahaan maupun orang – orang wirausaha untuk dapat mengkoordinasikan nya dengan baik.

Menurut penelitian yang di lakukan pada tahun 2015 di Indonesia ada 4 hal yang menjadi parameter masuknya revolusi digital ke dunia industri. 4 hal tersebut yang harus dilihat adalah mobile internet, cloud technology, internet of things, dan big data and advanced analytics. Dalam penelitian ini memberikan jawaban bahwa revolusi industri sudah sampai di Indonesia dan di rasakan oleh berbagai pihak.

Di Indonesia banyak sekali peluang yang bisa di manfaatkan oleh masyarakat Indonesia sendiri dalam menjalankan bisnis digital, seperti menurut survei yang di lakukan di 20 negara, Indonesia merupakan negara kedua yang memiliki harga internet murah yang jaringan- jaringan nya sudah hampir masuk ke seluruh Indonesia, lalu peluang yang kedua Indonesia adalah negara dengan pengguna online terbesar di dunia, bahkan 78% orang Indonesia melakukan pembelian secara online dan pembelian tersebut di lakukan melalui perangkat seluler.

Menurut Ir. IBM Jaya Martha,MM,CMPM, prospek mahasiswa untuk menjadi digital entrepreneur sangat bagus dan besar jika mahasiswa bisa membayangkan masa depan maka dengan ini para mahasiswa akan dengan mudah menginvestasi waktu mereka untuk mempelajari masa depan agar saat ada sesuatu yang baru, mahasiswa sudah siap dalam menghadapinya. Karena itu di harapkan mahasiswa sebagai jiwa muda agar dapat lebih berperan aktif dalam memanfaatkan peluang yang ada di perkembangan era digital ini.

Jadi, kesimpulan yang dapat di ambil dari Ir. IBM Jaya Martha,MM,CMPM adalah teknologi menjadi faktor utama dalam keberhasilan suatu perusahaan atau pun usaha – usaha lainya. Karena dengan adanya teknologi segala aspek dan kebutuhan dapat terpenuhi dengan baik. Dengan ini, diharapkan Indonesia mampu dalam memanfaatkan teknologi industri yang sudah masuk dengan baik dan dapat di rasakan oleh semua masyarakat perubahan yang terjadi.

Kita sebagai mahasiswa dan juga sebagai warna negara Indonesia sudah sepatutnya untuk dapat memanfaat kan segala peluang yang ada dan yang tersedia dengan baik dan menggunakan nya sesuai kebutuhan yang kita butuhkan demi menjaga kelancaran berwirausaha setiap orang dengan teknologi ini, dan juga demi Indonesia yang lebih baik lagi.

Maka dari itu selama peluang tersebut masih ada dan masih bisa di gunakan dengan baik, sebaiknya kita bisa memulai untuk menginvestasikan waktu kita untuk mempelajari masa depan, agar di masa depan nanti segala perubahan yang terjadi atau sesuatu yang baru akan hadir kita dapat dengan mudah mengikutinya dan mengaplikasikan dalam kehidupan kita.

Akan sangat di sayangkan jika kita tidak mempelajarinya karena masa depan nanti akan banyak hal baru yang perlu dipelajari dan dimengrti oleh semua orang agar kita dapat memanfaatkan nya menjadi sesuatu yang berguna bagi diri sendiri maupun bagi orang banyak terutama bagi masyarakat Indonesia sendiri guna meningkatkan pendapatan dan pemasukan negara yang akan berguna untuk seluruh rakyat Indonesia juga.

1 komentar:

Digital Marketing

              Dalam channel Youtube Prof. Dedi Purwana yaitu Dedi Purwana Channel atau bisa juga dengan link ini https://www.youtube.com...