ANGGOTA

Minggu, 04 April 2021

Digital Marketing






 

            Dalam channel Youtube Prof. Dedi Purwana yaitu Dedi Purwana Channel atau bisa juga dengan link ini https://www.youtube.com/watch?v=n9yB-KGt_2k . Ibu Terrylina Arvinta Monoarfa, BE., MM menyampaikan bahwa saat ini kebutuhan mengenai Digital Marketing begitu penting bagi para entrepreneur muda, karena kemajuan teknologi informasi dan komunikasi di era ini menjadi kewajiban bagi kita semua untuk dapat memahaminya dan menerapkanya dengan tepat sebagai strategi pemasaran pada dunia kewirausahaan. Digital Marketing itu sendiri adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk menggunakan media digital atau internet

            Ditambah lagi era pandemic covid- 19 ini semakin membuktikan betapa pentingnya digital marketing bagi dunia kewirausahaan. Dikarenakan saat ini media konvensional sangat sulit untuk dijadikan media promosi, maka satu- satu nya yang dapat mendukung promosi dengan baik adalah media digital. Ini sangat membantu bagi para wirausaha agar tetap dapat melakukan promosi dan pemasaran melalui pemanfaatan media digital tersebut.

            Dalam Digital Entrepreneurship atau kewirausahaan digital saat ini peran internet dan teknologi digital telah merubah dunia saat ini, khususnya dunia kewirausahaan, sehingga merubah pola perilaku konsumen dan ditangkap sebagai sebuah peluang oleh pemilik bisnis atau wirausahawan dalam memenuhi kebutuhan konsumen tersebut dan dapat memenangkan atau bertahan pada persaingan wirausaha ini. Bahkan dalam teori Darwin disebutkan bahwa manusia atau seseorang yang berhasil dan sukses serta dapat memenangkan sebuah pertempuran yaitu orang – orang yang dapat beradaptasi dengan perubahan. Maka dengan itu, diharapkan kita dapat beradaptasi dengan perkembangan yang ada dan juga dengan Digital Teknologi yang saat ini sedang berkembang pesat.

            Pada data Januari tahun 2019, populasi di Indonesia adalah 268,2 juta dan 150 juta diantaranya sudah melakukan penetrasi terhadap penggunaan internet dan aktif dalam penggunaan social media, serta yang aktif penggunaan social media nya menggunakan handphone hampir 80% atau sekitar 130 juta. Artinya hampir atau bahkan semua orang pasti menggunakan smart phone dan pasti dalam setiap smart phone tersebut ada social media yang disebutkan sebagai strategi pemasaran para wirausaha.

            Lalu pada data Januari 2020 , ada penambahan populasi sebanyak 1.1%  dan penggunaaan smart phone bertambah sebanyak 4.6% bahkan penggunaan internet bertambah juga sebanyak 17% dan penggunaan media social bertambah sebanyak 8.1% dan semua pertambahan ini terjadi hanya dalam kurun waktu 1 tahun. Jika dilihat pertumbuhan selain pertumbuhan populasi mengalami peningkatan yang signifikan sehingga hal ini menunjukan suatu hal positif yang harusnya di pandang oleh entrepreneur sebagai peluang.

            Bahkan saat ini rata- rata orang di Indonesia menghabiskan waktu nya menggunakan gadget untuk mengakses internet kurang lebih sekitar 8 jam 36 menit dalam sehari. Dan untuk penggunaan social media seseorang biasanya menghabiskan 3 jam 26 menit dalam sehari, serta kenyataan bahwa pandemic covid 19 ini telah mengakselerasi penggunaan media digital, dikarenakan segala macam kegiatan disarankan dilakukan di rumah, maka semakin banyak seseorang dalam mengakses media social dalam sehari.

            Adapula data tahun 2019 yang menampilkan tentang beberapa media platform yang paling banyak dan digemari oleh pengguna media social. Yang berada di urutan pertama adalah Youtube dan diteruskan oleh Whatsapp, Facebook, Instragram, Line, Twitter, FB Messenger, BBM, Linkedin, Pinterest, Skype, WeChat, Snapchat, Path, Tumblr, dan Reddit. Dengan dijadikan nya urutan seperti ini, dapat menjadi suatu informasi baru bagi para wirausaha agar dapat mempertimbangkan promosi atau memasang sebuah iklan melalui media platform yang telah disebutkan tersebut.

            Berbicara mengenai digital marketing artinya kita berbicara mengenai bagaimana merancang sebuah rencana strategi yang dapat dilakukan agar usaha kita dapat tumbuh dan berkembang, produk yang di jual lebih dikenal luas, mampu berdaya saing dengan persaingan yang ada. Dengan ini akan di gunakan konsep SOSTAC Marketing Diagram yaitu Situation Analysis, Objectives, Strategy, Tactics, Actions, dan Control. Dengan ini pula kita dapat menyusun dan merancang apa yang harus dilakukan untuk usaha kita. Pertama kita harus menganalisis situasi atau menjelaskan posisi kita ada dimana/trend saat ini apa, lalu mengetahui tujuan kita apa, lalu langkah berikutnya strategi disini kita mencari bagaimana strategi atau cara untuk mewujudkan dan mencapai tujuan tersebut,lalu ada taktik yaitu bagaimana langkah kongkrit atau apa yang akan kita kerjakan untuk mencapai tujuan kita, lalu kita lanjut dengan aksi atau tindakan kita untuk memulai strategi kita dan tidak lupa diakhir kita mengontrol apa yang selama ini kita kerjakan apakah sudah cukup untuk mencapai tujuan yang kita inginkan,jika belum kita kembali ke awal yaitu ke menganalisis situasi karena pada dasarnya strategi ini adalah siklus, karena disini kita dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam berbisnis karena jika anda melakukan perubahan mungkin para pesaing anda juga akan melakukan perubahan juga.

 

            Dalam menganalisis situasi diperjelas lagi dan ada Goal Performance yang terkait erat dengan 5S, yaitu ada Sell yang berarti melakukan pencatatan terhadap posisi tingkat penjualan seperti apa, lalu Serve yaitu berbicara tentang value edit yaitu cara memberi layanan kepada konsumen, S yang ketiga ada Save, kemudian yang keempat ada Speak yaitu berbicara tentang bagaimana membangun engagement dan mempromosikan produk dengan konsumen, dan S yang terakhir ada Sizzel yaitu bagaimana melakukan extantion terhadap produk dan layanan yang kita punya. Lalu kedua ada Customer Insight yaitu bagaimana penilaian dan pandangan konsumen melihat keberadaan kita,lalu ada E-marketplace SWOT kita menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman usaha kita seperti apa sehingga dapat lebih mengevaluasi mengenai bisnis yang kita jalankan, lalu ada Brand Perception dan internal copabilities and resources. Lalu dalam Objectives atau tujuan yaitu apa yang akan kita lakukan dan lagi menggunakan 5S (Sell, Speak, Serve, Save, Sizzle) disaat kita menjalankan 5S itu sesuai dengan tujuan kita jadi kita yang menentukan bagaimana 5S ini berjalan.

 

Lalu selanjutnya adalah Strategi disini kita merancang dan menyusun bagaimana kita melakukan itu, dimana kita melakukan segmentasi, target, posisi pada pasar,lalu melakukan dan merancang OVP (Online Value Proposition) dengan mengetahui keunggulan kita, lalu ada Sequence yaitu bagaimana meningkatkan kredibilitas kita melalui media digital, disini kita memerlukan review dan testimoni dari konsumen baik review positif dan negatif karena itu sangat membantu dalam kita membangun dan meningkatkan serta menjaga kredibilitas kita. Selanjutnya ada Tools yaitu apa saja yang akan kita gunakan dalam digital marketing kita. Lalu ada taktik, yang didalamnya ada E-Marketing mix, Communication mix, social Networking yaitu E-Marketing mix apa saja yang akan kita lakukan dan gunakan lalu media platform apa saja yang akan kita gunakan, lalu ada Details of contack strategy tentang bagaimana kita menjalin komunikasi, penjadwalan tentang posting dan E-campaign initiative schedule. Lalu ada berikutnya ada Action ada Responbilities dan structures, internal resources and skill dan external agencies, pada action ini bagaimana tindakan langsung kita dalam mengoperasikan strategi. Lalu terakhir ada Control bahwa dalam hal ini kita perlu merancang KPI (Key Performance Indikator) dimana kita bisa melihat apakah kita telah melakukan apa yang telah kita inginkan seperti melakukan peningkatan, mencapai target value dan lain-lain, yang pada intinya kita mengawasi dan mengontrol strategi yang kita jalankan apakah kita akan tetap melanjutkan atau memperbaharui strategi kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Digital Marketing

              Dalam channel Youtube Prof. Dedi Purwana yaitu Dedi Purwana Channel atau bisa juga dengan link ini https://www.youtube.com...